Resep Membuat Soto Ayam Khas Lamongan Enak



Resep Soto ayam Lamongan ini amatlah mudah seperti juga yang bening serta kuning, siapa saja dapat memasaknya yang terutama adalah bahan serta bumbu sama sama seperti yang ada di blog Admin ini. Di daerah Surabaya sendiri soto lamongan ini mempunyai nama yang tidak kalah keren dengan yang lainnya yakni Lamongan Chicken Soup. Sesaat Soto Madura merujuk Soto Daging (style Madura Beef Soup). Bila bunda berkendara seputar 2 jam ke bagian timur menuju Bali, ada suatu kota kecil yakni Probolinggo, kota ini dapat mempunyai soto ayam yang tidak sama. Apa ketidaksamaan pada ke-2 soto ayam mereka yaitu koyah buat taburan atas kuah soto itu. di Resep Soto Ayam Lamongan memakai kombinasi kerupuk udang serta bawang putih goreng yang digiling. Sesaat Soto di Probolinggo, koyah terbuat dari parutan kelapa panggang. Itu sedikit penjelasan tentang masakan soto yang ada di sini didapat dari daerah asli itu serta asli tradisional indonesiea, bila tidak yakin silakan cobain sendiri serta bertanya sama orang sana, atau lebih sukai Resep Soto Melayu?. Baiklah simak saja resep membuat soto ayam lamongan dibawah ini : 

Resep Membuat Soto Ayam Khas Lamongan Enak

Bahan dan bumbu soto lamongan:
1/2 ekor ayam kampung yang sudah bersih
3.000 cc air putih bersih
3 batang serai, - keprek
3 cm lengkuas, - keprek
3 butir cengkih
1/2 butir pala
1 1/2 sendok teh garam
2 butir Jeruk nipis, - belah menjadi beberapa bagian
1 1/2 sdm kecap manis
Secukupnya minyak goreng
Bumbu dihaluskan :
6 siung bawang putih
12 butir bawang merah
3 cm jahe
3 cm kunyit
5 butir kemiri sangrai
1 1/2 sendok teh merica
1 1/2 sendok teh ketumbar disangrai dulu
Pelengkap Resep Soto Ayam Lamongan:
50 gram soun kering, - rendam dalam air agar lembut.
3 butir telur rebus, - potong-potong
50 gram kol diiris 1/2 cm lalu direbus
150 gram kecambah (toge)
2 batang seledri, - diiris-iris
3 sendok makan bawang putih goreng
Sambal cabe
Cara membuat soto ayam lamongan :
- Pertama-tama Ayam direbus lalu berbarengan dengan serai, lengkuas, cengkih, dan juga garam sampai mendidih dan sampai kuah ayam berkurang.
- Keluarkan ayam lalu ambil kaldunya.
- langkah berikutnya Goreng ayam tersebut sebentar lalu angkat dan tiriskan kemudian disuwir-suwir.
- Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang dan harum, tuang ke dalam panci kuah soto tadi. Didihkan kembali kuah itu
- kemudian beri kecap manis secukupnya lalu angkat.
Cara Penyajian:

oke, anda Ambil mangkok lalu isi dengan kol iris, kecambah (toge) dan juga soun serta ayam suir tadi, tuang kuah soto ke mangkok sampai penuh lalu taburi bawang putih goreng dan irisan seledri,  lalu beri juga potongan telur rebus. sesuai selera kasih juga sambal dan peresan jeruk nipis secukupnya.

Wiedha Nurul FatimahDitulis Oleh : Wiedha Nurul Fatimah

Artikel Resep Membuat Soto Ayam Khas Lamongan Enak

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan di share dengan mengklik tombol share diatas.